1. Sungai Alas, NAD

Sungai yang membelah taman nasional gunung leuser ini terletak di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam, sungai ini memiliki tingkat (Grade) 3-4, selain memiliki jeram yang cukup menantang disini juga terdapat belokan tajam yang menantang adrenalin. kita juga akan disuguhi oleh pemandangan alam yang begitu indah, bahkan sesekali kita dapat menjumpai satwa liar yang sedang minum di tepi sungai.

alas NAD 1, chikrini.blogspot.com

  1. Sungai Asahan, Sumatera Utara

Sungai yang Terletak di Provinsi Sumatera Utara ini memiliki tingkat (Grade) 4-5 membuat sungai ini sering menjadi tempat penyelenggaraan event arung jeram tingkat nasional maupun internasional. Bahkan, disebut-sebut sungai asahan sebagai tempat berarung jeram terbaik ketiga di dunia setelah sungai Zambesi di Afrika dan sungai Colorado di Amerika Serikat.

asahan sumut 2, alghurobaasahan.blogspot.com

  1. Sungai Batang Tarusan, Sumatera Barat

Sungai yang terletak di Sumatera Barat ini bisa kita arungi mulai dari desa Taratak yang bisa ditempuh kurang lebih 20 menit dari jalan lintas padang-painan, sungai ini memiliki tingkat (Grade) 1-2 pada musim kemarau dan debit air yang stabil, namun pada musim penghujan sungai ini memiliki tingkat (Grade) 4-5.

batang tarusan 1, httpsplantagama.files.wordpress.com201208sungai-batang-tarusan.jpg

  1. Sungai Manna, Sumatera Selatan

Sungai Manna membelah dua provinsi, yaitu di bagian selatan Provinsi Bengkulu dengan hulunya di Sumatera Selatan. Selain itu, terdapat sejumlah anak sungai yang beberapa lokasinya memiliki arus deras dengan jeram besar. Lokasi yang sering dijadikan arung jeram adalah Desa Tanjung Sakti di Bukit Barisan, dengan tingkat (Grade) 3-4.

Manna sumsel 1, twicsy.com

  1. Sungai Citarik, Jawa Barat

Sungai Citarik terletak di Taman Nasional Gunung Halimun, Cikadang, Sukabumi, Jawa Barat. Arus Sungai Citarik cukup menantang, arusnya yang deras dengan tingkat (Grade) 3 akan menguji keberanian Anda. Akan tetapi, sungai ini juga mempunyai daya tarik tersendiri, yaitu air terjunnya. Air terjun di beberapa tempat di sekitar Sungai Citarik, akan menjadi pelepas dahaga Anda.

citarik jabar 2, pelabuhanratu.info

  1. Sungai Serayu, Jawa Tengah

Sungai Serayu berada di Wonosobo. Jika Anda berkunjung ke kawasan Dieng, sempatkan untuk berarung jeram di sungai ini. Lokasi memulai perarungan bisa dimulai dari jembatan di Desa Belimbing, Desa Tunggoro di Kabupaten Wonosobo, dan Desa Prigi di Kabupaten Banjarnegara. Sungai ini memiliki tingkat (Grade) 2-4 yang akan membuat adrenaline dan stamina anda terkuras.

serayu jateng 2, odoritour.com

  1. Sungai ayung, Bali

Sungai Ayung merupakan sungai terpanjang di Bali, dengan panjang jalur arung jeram mencapai 12 kilometer. Kamu bisa mulai berarung jeram dari daerah Payangan dan berakhir di Desa Kedewatan dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Dengan tingkat (Grade) 2-3, sungai ini cocok dijamahi pemula. Uniknya lagi pada sungai ini kita dapat melihat air terjun kecil dan ukiran – ukiran pada tebing sepanjang 200 meter.

ayung bali 1, www.anythingbali.com

  1. Sungai Lamandau, Kalimantan Tengah

Kalimantan merupakan wilayah yang hijau dengan banyak pepohonan yang besar. Tidak ketinggalan, sungai – sungai yang besar dan panjang juga dapat Anda temukan di Kalimantan. Salah satunya adalah Sungai Lamandau di Kalimantan Tengah.

Sungai Lamandau berada di Desa Riam Tinggi, Kecamatan Delang, Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah. Jika berarung jeram di sungai ini, maka Anda seolah dibawa ke dunia lain. Pohon – pohon yang tinggi, hutan tropis yang lebat, dan sungainya yang besar, akan menambah sensasi petualangan. Anda seolah arung jeram, sambil membelah hutan.
Sungai Lamandau, memiliki arus yang deras dan jeram – jeram yang menawan dengan tingkat (Grade) 3-4. Ditambah sungainya yang berkelok – kelok, akan menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan.

lamandau kalteng 1, travel.detik.com

  1. Sungai Nimanga, Sulawesi Utara

Tidak hanya Bunaken, Sungai Nimanga di Sulawesi Utara juga wajib dikunjungi saat Anda berkunjung ke sana. Sungai ini terletak di Desa Timbukar, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Sungai Nimanga akan memberikan pengalaman yang berbeda.

Sungai Nimanga memberikan jeram yang menantang. Sungai ini memiliki tingkat (Grade) 5. Tak heran, ada jeram setinggi 4 meter di Sungai Nimanga! Tentu dibutuhkan nyali dan kekompakan yang kuat untuk melewatinya.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

  1. Sungai Sa’dan, Sulawesi Selatan

Sungai Sa’dan terletak di Tana Toraja dan memiliki panjang 182 kilometer dengan tingkat (Grade) 3-4. Anda perlu dua hari untuk mengarungi seluruh sungai ini. Namun tenang saja, Anda dapat menginap di tengah perjalanan di rumah panggung yang disebut dengan Lantang. Lantang terdapat di pinggir-pinggir sungai.

rafting-sungai-sadan

Source :                http://www.hipwee.com/travel/lokasi-arung-jeram-paling-menantang-di-indonesia/

                                http://www.belantaraindonesia.org/2012/08/6-lokasi-arung-jeram-terbaik-di.html

http://travel.kompas.com/read/2012/01/12/23453250/Ini.Dia.10.Destinasi.Arung.Jeram.di.Indonesia