CANOE SLALOM MULAI DIPERTANDINGKAN DI EROPA PADA AWAL 1940-AN DAN KEJUARAAN DUNIA CANOE SLALOM PERTAMA DIHELAT DI SWISS TAHUN 1949

Whitewater slaom atau yang biasa disebut canoe slalom adalah olahraga yang kompetitif dengan tujuan mengendarai kayak / canoe melewati gate downstream dan upstream di jeram sungai dalam waktu yang cepat, pemain yang memiliki catatan waktu tercepat adalah pemenang dalam olahraga ini.

Olahraga ini mulai dipertandingkan pada tahun 1940-an di eropa, pada kejuaraan dunia canoe slalom pertama di swiss tahun 1949 ICF (International Canoe Federation) sebagai induk olahraga canoe ditingkat dunia, mulai mengelola kejuaraan internasional tersebut disetiap tahun bernomor ganjil dan sejak tahun 2002 kejuaraan tersebut diselenggarakan setiap tahun, ditahun yang sama dengan olimpiade musim dingin. Selama penyelenggaraan kejuaraan dunia dari 1949 hinnga 1977, semua kejuaraan dunia selalu diselenggarakan di eropa. Kejuaraan dunia pertama yang diselenggarakan di luar eropa dihelat pada tahun 1979 di sungai Jonquiere, Quebec, Kanada.

IOC PERTAMA KALI MENYELENGGARAKAN CANOE SLALOM PADA OLIMPIADE MUNICH 1972

Olahraga ini juga disebut oleh IOC (International Olympic Comitte) dengan sebutan canoe / kayak slalom dalam cabang olahraga yang dipertandingkan di olimpiade musim panas.

Pada ajang olimpiade musim panas yang dikelola oleh IOC canoe slalom pertama kali dipertandingkan di olimpide Munich 1972 yang lebih tepatnya diselenggarakan di Eiskanal, Augsburg, Jerman. Namun canoe slalom tidak lagi dipertandingkan dalam olimpiade musim panas selanjutnya dan baru dipertandingkan kembali pada olimpiade Barcelona 1992 di La Seu d’Urgell, Spanyol dan semenjak saat itu canoe slalom selalu dipertandingkan secara regular dalam perhelatan olimpiade musim panas.