Follow up dari Pertemuan antara Senior ISTN Dayung dengan pengurus ISTN dayung sekarang pada tanggal 9 Januari 2016 kemarin.

Foto Bersama didepan kampus

Mulai bercerita dari Awal sejarah terbentuknya Unit Kegiatan Mahasiswa IRCA ( ISTN Rowing and Canoeing Association ) atau lebih dikenal dengan ISTN DAYUNG, Pengalaman mengikuti kegiatan perlombaan diberbagai daerah di Nusantara, Pemaparan program kerja Pengurus saat ini, dan Motivasi-motivasi dari Para senior.

Mas puji sedang bercerita tentang sejarah awal terbentuknya UKM Dayung ISTN

Mas puji sedang bercerita tentang sejarah awal terbentuknya UKM Dayung ISTN

Mas pudji (ms73) sebagai founding father menyemangati yang muda-muda.

Papar beliau, saat arung jeram citarum bulan juni 1975 yang diselenggarakan wanadri juga diikuti peserta dari wanadri yang pengarung jeramnya adalah Hatta Rajasa.

-Setelah saya perhatikan kok sama ya, rambutnya pun putih semua.

-Apakah semua peserta arung jeram citarum berdampak yg sama kena efek air sungai citarum ya??? Seperti putihnya air (white water) yg arusnya liar saat itu.

Untuk mengulangi petualangan mas Pudji dkk, kamipun sbg generasi penerus mencanangkan utk mengarungi arus sungai Citarum.

Kami putuskan untuk arungi sebelum sungai Citarum kehilangan arus sungai yang FENOMENAL, karena dalam waktu dekat ujung air sungai Citarum akan ditampung dalam bendungan Cirata.

Pada bulan juni 1986, saat arung jeram masih merupakan sesuatu yang angker, sesuatu yang berbahaya dan sesuatu yang mahal karena peralatannya masih terbatas. Hanya marinir yang mempunyai peralatan cukup komplit, Dayung ISTN akan melakukan rally di sungai Citarum tersebut.

Sebagai persiapan, bulan april 1986 kami melakukan survey menyusuri sungai citarum, mulai dari jembatan rajamandala menuju jembatan rel kereta api Leuwih Jurig (saat ini jembatan rel kereta tersebut terlihat di sebelah kiri jalan toll Cipularang).

Setelah semua sisi sungai Citarum yang gradenya rata-rata diatas 4 ditelusuri, rally sungai Citarum kami nyatakan siap diarungi.

Tahap berikutnya adalah, mempersiapkn perahu dan peralatan lainnya. Sesuai komunikasi sebelumnya, marinir-lah sumber tempat kita mendapatkan pinjaman kebutuhan tersebut.

TERBAYANG oleh kami DERAS-nya ARUS dan TAJAMnya KARANG di kiri kanan Sungai CITARUM saat itu yang SANGAT MENANTANG.


TERNGIANG di TELINGA kami orang-orang akan BERCERITA tentang SEJARAH ARUNG JERAM INDONESIA dan tersebutlah NAMA DAYUNG ISTN sebagai PIONEER yang saat itu populer disebut OLAHRAGA ARUS DERAS atau OLAHRAGA ARUS LIAR (WILD WATER SPORT).

Namun takdir menyatakan lain, RALLY TERPAKSA DITUNDA setelah sebelumnya barang langka saat itu yaitu PERAHU KARET dan PERALATAN lainnya seperti PELAMPUNG dll sudah OK akan DIPINJAMKAN oleh KORP MARINIR, tidak jadi DIPINJAMKAN karena pada saat bersamaan akan digunakan untuk OPERASI PENGAMANAN di PERBATASAN NKRI.

Kami hanya BERDOA semoga muncul Kesempatan-kesempatan berikutnya dengan ketersediaan peralatan yang lebih banyak dan lebih komplit. Aamiin

Semangat dan mental juara harus ada !! - Bang Fahrizal

Semangat dan mental juara harus ada !! – Bang Fahrizal

IMG-20160109-WA0017

TIDAK ADA ALASAN DAYUNG ISTN HARUS BANGKIT!!!

TIDAK ADA ALASAN DAYUNG ISTN HARUS BANGKIT!!!

Alumni kita Edi Suyono (MS84) selaku Sekjen PB PODSI MENDUKUNG PENUH untuk KEBANGKITAN itu. Dalam waktu dekat peralatan Dayung akan SEGERA dikirim untuk sarana LATIHAN DAYUNG ISTN.

Acara terakhir ditutup dengan makan bersama ditraktir oleh Bang Edy  . Tim panjang dalam sudah siap siap ambil posisi nih hehehe

IMG-20160109-WA0020

Dan untuk selanjutnya, Bang edy black akan segera share parameter untuk ukur kondisi atlet pada pertemuan berikutnya insya allah
Tempat : Sekretariat ISTN Dayung .Tangga : 18 Januari 2016.
Agenda : Akan dilakukan test darat didepan rektorat.

Betapa senangnya kami (Pengurus) bisa dekat dengan para Sesepuh ISTN Dayung, dan termotivasi dengan prestasi yang mereka peroleh . Jayalah Istn Dayung !.

BERGERAKLAH DAYUNG ISTN
MAJULAH OLAHRAGA ISTN
JAYALAH ISTN