1. Perahu Karet

Ini alat utama yang harus ada, karena tak mungkin kita ber arung jeram menggunakan ban dalam mobil atau pelampung boneka milik adik bayi kita. Dan tak hanya sekedar bisa mengapung atau mengambang, bisa bermanuver dengan cepat, bisa mengeluarkan air secara otomatis, memiliki empat tabung udara yang sehingga jika salah satu tabung bocor akan digantikan oleh yang lain, dan yang pasti kuat dan kokoh.

  • Jenis-jenis perahu karet

Landing Craft Rubber (LCR)

jenis perahu yang terbuat dari karet yang termasuk didalam kelompok kapal, sedangkan kapal itu sendiri adalah sarana sebagai alat angkut yang menggunakan air sebagai tempat lalu lintas. untuk menggerakkan LCR ini digunakan beberapa cara, yaitu dengan tenaga manusia,misalnya didayung, menggunakan tenaga mesin misalnya dengan Out Boat Motor (OBM).

LRC

Ouval

Perahu dengan rancangan bagian buritan dan haluan dibuat agak mencuat agar air tidak mudah masuk dan mampu menjaga kestabilan perahu ketika melewati jeram besar.

SBL

Dan jenis perahu ini memiliki 2 klasifikasi lagi, yaitu :

Non Self Bailing Floor

Perahu ini tidak dilengkapi dengan lubang – lubang pembuangan air, sehingga air yang masuk kedalam perahu, karena itu perahu jenis ini harus dilengkapi dengan ember / gayung untuk membuang air.

Self Bailing Floor

Perahu jenis ini adalah perahu jenis terbaru. Perahu jenis ini dilengkapi dengan lantai yang dipompa dan lubang pembuangan air. Air yang masuk kedalam perahu otomatis akan keluar dengan sendirinya.

  1. Dayung

Ada beberapa jenis dayung yang dapat digunakan dalam berarung jeram, dayung kayu, dayung fiber glass, dan plastic atau serat karbon.

Karakteristik dari dayung tersebut :

 

Dayung Kayu

Dayung mempunyai bobot yang berat dan kekuatannya kurang dari yang lain.

Dayung Kayu

Dayung Fiber Glass

Dayung mempunyai bobot yang cukup ringan tetapi mudah pecah dan pecahannya sangat tajam, serta mampu melukai orang disekitarnya.

 fiber

Dayung Plastik atau Serat Karbon

Dayung memiliki bobot yang paling ringan, serta mampu mengapung di air dan lebih kuat dibandingkan dengan jenis dayung lainnya, serta dayung ini banyak digunakan oleh operator arung jeram.

carbon

  1. Pelampung

Berfungsi membantu awak perahu dalam keamanannya. Karena pelampung akan membantu awak perahu yang jatuh ke air untuk terapung ke permukaan. Fungsi sekundernya adalah sebagai body protector terhadap benturan baik rintangan sungai maupun dayung sesama awak perahu.

pelampung

  1. Helm

Untuk melindungi kepala awak perahu dari benda keras saat melakukan kegiatan arung jeram.

helm

  1. Tali Lempar

Peralatan yang berupa tali mantel yang dikaitkan pada tas kecil, yang berfungsi sebagai alat rescue

TL

  1. Pompa

Pompa perlu dibawa pada saat pengarungan untuk berjaga-jaga jika udara dalam perahu berkurang, ada dua jenis pompa yaitu : Pompa tangan dan pompa injak.

Pompa

  1. Dry Bag / Tas Kedap Air

Tas yang kedap air ini biasanya digunakan untuk membawa barang-barang yang tidak boleh basah, seperti Repair kit, P3K, Dompet, Alat Navigasi dan lain – lain.

DRY BAG

  1. Alat Navigasi

Alat Navigasi seperti peta, kompas, GPS, protaktor dan lain-lain sangat diperlukaan saat pengarungan untuk mengetahui medan sungai yang sedang atau akan diarungi, serta mampu mengetahui gradient sengai dan medan sungai.

Navigasi

  1. P3K

Peralatan kesehatan yang bersangkutan dengan obat-obatan pribadi dan untuk melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan.

P3k

  1. Rescue Kit

Perlengkapaan keselamatan yang berupa Webbing, Tali Perusik, Carrabiner, Pulley dan lain-lain.

Rescue

  1. Repair Kit

Alat yang perlu dibawa ketika pengarungan terutama pada saat ekspedisi, dipergunakan untuk menambal perahu.

repair

  1. Pakaian

Pakaian yang tidak berat saat basah dan memberikan ruang gerak yang leluasa sangat cocok untuk dipergunakan. Usahakan yang berlengan panjang untuk melindingi kulit dari sengatan sinar matahari.

baju

  1. Alas Kaki

Melindungi telapak kaki dari kemungkinan lecet atau terluka. Sepatu kanvas atau parasit yang tidak mengganggu saat kita berenang dapat dipergunakan.

alas kaki

  1. Jam Tangan

Untuk mengetahui waktu pengarungan.

watch

  1. Peluit

Berfungsi sebagai alat komunikasi saat pengarungan.

peluit

  1. Logistik

Persediaan makanan untuk pengarungan juga penting. Diutamakan yang praktis dan banyak mengandung kalori.

logistik

                Source : www.belantaraindonesia.org

                                 https://manapalatasikmalaya.wordpress.com/peralatan-dan-perlengkapan-raftingarung-jeram/