Ada beberapa rintangan yang akan ditemui jika kita berarung jeram. Rintangan ini ada yang membahayakan dan harus dihindari, tapi ada juga yang dapat menjadi ‘teman’ dalam berarung jeram. Jenis rintangan ini dijabarkan sebagai berikut:

  • Holes

Orang awam biasanya akan sulit mengerti bahwa tidak semua air sungai mengalir dari hulu kehilir. Bentuk dasar sungai tertentu dapat membuat arus balik, arus balik yang tidak terlalu kuat dapat kita manfaatkan untuk manuver atau bermain, tetapi ada arus balik yang sangat kuat, perahu seperti menabrak dinding, dan dapat membuat perahu terbalik, terputar – putar tertahan ditempat seperti kotak korek api. Inilah yang disebut holes. kekuatan holes ini akan berubah – ubah tergantung dari tinggi muka air.

Holes

  • Undercut & Potholes

Undercut biasanya terdapat pada tebing dikelokan sungai. Disebabkan oleh pengikisan air membuat rongga dibawah air. Perahu ata orang berenang dapat terhisap kedalam undercut dan terperangkap didalamnya.

Lebih berbahaya lagi jika rongga ini tembus menjadi lorong dibawah air. Biasanya didalam tempat ini bisa juga ada batang pohon dan sampah yang ikut terjebak. Sampah dan batang pohon ini menjadi seperti saringan, dan dapat membahayakan manusia terperangkap diantaranya.

Undercut

  • Strainers (pohon tumbang)

Yang dimaksud strainers adalah pohon tumbang atau ranting – ranting kayu yang ada didalam air. Biasanya tidak begitu kelihatan, rintangan ini dapat menjebak perahu dan orang kedalam air. Biasanya terdapat dilembah yang sempit. Rintangan ini sangat berbahaya, harus dihindari.

Strainer

  • Longsoran / Runtuhan

Tebing yang longsor kedalam air, tanahnya terbawa air, yang tertinggal pecahan batu – batu besar, menciptakan lorong – lorong dibawah air.

  • Eddies

Eddies sangat banyak manfaatnya pada saat pengarungan jeram, bisa dipergunakan untuk manuver perahu, jika ada yang terjatuh dari perahu maka akan berusaha berenang untuk masuk ke eddies untuk menepi. Ada tiga macam eddies, yaitu, eddies kiri sungai, tengah sungai, dan kanan sungai.

main eddies

  • Entrapment

Bahaya utama yang sering terjadi disungai dangkal berarus deras adalah kaki terjepit. Biasanya bagi pemula pada waktu berenang disungai deras akan mencari pijakan, dan pada dasar sungai biasanya banyak celah batu yang dapat membuat kaki terjepit, sedangkan arus kuat mendorong dari belakang sehingga badan akan terdorong ke depan, sementara kaki terjepit. “NEVER STAND IN WATER, ABOVE YOUR KNEES”

  • Dam, tiang, jembatan

Dam adalah salah satu musuh utama pengarung jeram, dam menciptakan arus balik yang sanngat kuat, dilihatnya tidak terlalu menakutkan. Kadang mudah dilewati oleh perahu. Tapi jika membuat kesalahan dan ada penumpang yang tumpah, atau perahu tersedot ditempat ini jalan keluarnya sangat sulit, dam harus dihindari sebisa mungkin, Karena banyak memakan korban. Di Amerika dam dijuluki ‘Drowing Machines’ atau mesin pembunuh.

Dam

Source :  Safety Code of the American Whitewater Affiliation (AWA)

Sekolah Arung Jeram, Sungai Citarik, 21-25 April 1997 Federasi Arung Jeram  Indonesia (FAJI)